Soekarno Coffee Fest Blitar, akankah sejarah kopi Blitar terlupakan

Soekarno Coffee Fest Blitar, akankah sejarah kopi Blitar terlupakan

Menyambut bulan bung karno yang tinggal beberapa hari akan tiba di bulan Juni.  Ada sebuah event yang menarik untuk kita ikuti bersama terutama penggemar kopi. Tentunya kopi yang disajikan berbeda dengan kopi yang biasa kita “unjuk” atau kita “kokop” atau kita minum di pawon. Walaupun pada intinya minum kopi dimanapun “sami mawon” alias sama saja. Dengan mengikuti acara ini kita menjadi mengerti dan mengetahui, ternyata meminum kopi mempunyai makna dan tentunya berkelas. Mengapa demikian karena minum kopi ternyata tidak hanya kopi berwarna hitam dan rasanya itu-itu saja. Ada berbagai jenis kopi yang ada di Indonesia. Dan mempunyai jenis aneka rasa, yang mungkin diantara kita belum pernah mencobanya.

Bagaimana pasar penggemar kopi di Blitar? Mungkin kita bisa melihatnya dari warung-warung kopi mulai yang tradisional hingga warung kopi yang berada di café café yang bertebaran di blitar.ada yang harga murah dan tentunya ada yang harga mahal. Ada yang berkelas dan ada yang biasa biasa saja, asal ngopi tidak mengantuk.

Satu hal yang menjadi catatan kita tentang kopi di Blitar. Bahwa di blitar sejak zaman belanda ada sebuah perkebunan kopi yang sudah beroperasi sejak jaman Belanda. Dan anda sudah tentu namanya dan dimana lokasi perkebunan itu. Kopi dari blitar menjadi sebuah perhitungan tersendiri karena kesuburan tanah yang tidak lain adalah karena kesuburan bekas letusan gunung kelud. Dan jalur rempah kopi inilah yang membuat pertimbangan pemerintah belanda pada saat itu membuka jalur kereta api ( mungkin perlu literasi lebih mendalam untuk masalah ini )

Ini sebuah festival untuk mengenal lebih lanjut tentang kopi. Terutama sejarah kopi yang ada di blitar, bagaimana sejarah dan sepak terjangnya di blitar raya  ini. Tak ada salahnya kita hadir dan mengikuti rangkaian acara ini. Acara ini diselenggarakan oleh pemerintah kota blitar dan tentunya dengan beberapa instansi dan sponsor terkait dan juga beberapa media partner.

Untuk jadwal tanggalnya akan dilaksanakan pada tanggal 10 – 12 juni 2022. Dan bertempat di kantor walikota blitar. Untuk detail rangkaian acaranya sebagai berikut :

  1. Fun Brewing yang akan dilaksanakan pada tanggal 10 dan 12 Juni 2022
  2. Coffe party yang akan dilaksanakan pada tanggal 10 sampai dengan 12 juni 2022
  3. Seni lukis yang akan dilaksanakan pada tanggal 10 sampai dengan 12 juni 2022
  4. Sukarno night run yang akan dilakasankan pada tanggal 11 juni 2022
  5. Dan coffe talk show yang akan dilaksanakan pada tanggal 12 juni 2022
  6. Dan dihibur oleh music performe : keroncong sakura, dj queen, mr z reborn jazz

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.