Ayah dan Ibu Bung Karno

Ayah dan Ibu Bung Karno

Mungkin kita akan bertanya-tanya siapa sosok yang berada di sekitar pusara Bung Karno. dan Anda akan bisa melihat sosok itu di lukisan yang disimpan dalam museum Makam Bung Karno atau tepatnya di ruang memorabilia. Sosok tersebut adalah Ayah Bunda Bung Karno. Ayah Bung karno bernama Raden Soekemi Sosrodiharjo. Beliau berasal dari tulungagung jawa timur. Bekerja sebagai guru. Sedangkan ibunda bung karno adalah seorang putri dari Singaraja Bali, bernama Ida Ayu Nyoman Srimben. raden soekemi bertemu ida ayu di bali.

raden Soekemi yang sebelumnya mengajar di Jawa, oleh pemerintah Belanda dipindahtugaskan ke Bali. Disanalah kemudian bertemu dengan Ida Ayu dan kemudian menikah. Bung Karno adalah anak kedua, beliau memiliki kakak perempuan bernama Sukarmini. Bung Karno dilahirkan di Surabaya pada tanggal 6 Juni 1901 pada saat matahari terbit, karena itu beliau disebut sebagai sang fajar.

saat dilahirkan bung karno diberikan nama Kusno. namun karena sering sakit, oleh ayahnya namanya diganti menjadi Soekarno. ” Soe” dalam bahasa jawa artinya bagus, ” karno” dari nama tokoh wayang adipati Karno

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.