Gerak Geliat Ekonomi Pertunjukan Pagelaran Jaranan Blitar

Gerak Geliat Ekonomi Pertunjukan Pagelaran Jaranan Blitar

diblitar.net saat ada sebuah event jaranan, sontak sejak pagi hari sebelum malam puncak hiburan diadakan. muncullah para pedagang yang datang secara tiba-tiba dan segera menata lapak pada area-area yang menurut mereka strategis yang berada di sekitar panggung. pemandangan ini akan tampak pada pagi hari bahkan hingga malam hari yang semakin ramai beberapa orang yang menata dagangannya. Jenis aneka daganganya yang dijualpun bermacam-macam. ada mulai makanan, aneka permainan anak, permainan dewasa, dll.

sektor ekonomi lain yang bergerak yakni lahan parkir. lahan parkir biasanya dikelola secara swadaya dan tarifnya pun lumayan cukup di kantong. sekitar @ Rp 5.000,- per kendaraan dan tentunya tarif mobil berada diatasnya.

perlu diketahui pula bahwa pertunjukan jaranan ini sifatya adalah disewa oleh pemilik hajat. dan tentunya biaya tarifnya juga cukup berarti. namun roda-roda gerak ekonomi yang lain turut bergerak dan tentu saja ini sangat menarik untuk disimak dari sisi pemetaan bisnis.

gerak roda perekonomian jaranan ini bisa kita lihat pada hari jumat malam sabtu kemarin. yang menampilakn kuda lumping / jaranan New Devil kelurhanan sentul kota Blitar. area masuk parkir sepeda motor disekitar barat dari kuburan swangsan. sedangkan para penjual dadakan menggelar stand dan lapaknya sepanjang jl ir sukarno.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.